Belajar dari Keberhasilan Kota Marikina

iklan 970x250 px

Belajar dari Keberhasilan Kota Marikina

24 Oktober 2016
BONGKAR.INFO—Ada beberapa hal yang dipelajari oleh Pemerintah Kota Bima dari Kota Marikina di Filipina. Seperti proses pembangunan dan penataan Kota Marikina selama 20 tahun. Dimana sebelumnya, Kota Marikina adalah kota kumuh dan kini menjadi kota yang kompetitif.
Merujuk keberhasilan Kota Marikina, strategi apa yang perlu dilakukan Pemerintah Daerah dalam penyusunan perencanaan pembangunan.
Hal lainnya adalah apa saja yang menjadi program prioritas—kemudian bagaimana Pemerintah Daerah mengupayakan pendanaan pembangunan—apa strategi dalam membangun partisipasi masyarakat—apa saja tantangan dalam proses implementasi program pembangunan—dan bagaimana Kota Marikina menjaga konsistensi arah penataan kota walaupun mengalami pergantian kepemimpinan.
            Di Kota Marikina, Walikota Bima HM Qurais H Abidin bersama rombongan, pun diajak untuk menyaksikan dan mempelajari sistem pengelolaan sungai, pelayanan kesehatan, kunjungan ke lokasi industri serta kegiatan penanggulangan bencana.
Di kantor BPBD Kota Marikina, Walikota Bima bersama Kepala BPBD Kota Bima mendengarkan pemaparan yang disampaikan oleh Kepala BPBD Kota Marikina Jo Fernando tentang program pengurangan risiko bencana.

            Walikota Marcelino Teodoro pun akan berkunjung ke Kota Bima pada suatu saat dan berharap menjadi awal hubungan Sister City yang bermanfaat bagi kedua kota tersebut.(adi)