45 Porsen Dana DAK Dialokasikan Untuk Pembangunan Cek dam dan Embung

iklan 970x250 px

45 Porsen Dana DAK Dialokasikan Untuk Pembangunan Cek dam dan Embung

14 November 2016
Anwar, PPK Dana DAK Dinas Kehutanan Kota


BONGKAR.INFO, Kota Bima-  Pengalokasian Dana DAK tahun 2016 sebesar 2,6 Milyar yang ada di Dinas Kehutanan Kota Bima, sebagiannya di peruntukan pembangunan Embung dan Cek dam.

Embung dan Cek dam yang dibangun diatas lahan konservasi ini bertujuan untuk menampung air, sehingga persediaan akan air bagi tumbuh tumbuhan tetap ada.

Dalam hal ini Anwar yang merupakan PPK dana DAK  Dinas Kehutanan Kota Bima yang ditemui oleh wartawan media ini di ruang kerjanya senin (14/11) menjelaskan " Dana DAK, 2,6 Milyar dari Pemerintah pusat,seharusnya di terima utuh oleh Daerah, karena ada pemotongan 10 porsen oleh Pemerintah pusat, akhirnya Daerah hanya bisa mengantongi 2,4 M saja.

" dari 2,4 M dana DAK itu lebih kurang 45 porsen dialokasikan untuk pembangunan lima (5) Embung dan lima (5) cek dam". Terangnya.

Untuk pembangunan Cek dam sendiri,  lokasinya berada di lima titik, antara lain, Jati Wangi, Jati Baru, Penanae, Nungga, dan Sambinae.

Mengenai besar dana yang digunakan untuk pembangunan satu ( 1 ) cek dam saja, yaitu sebesar Rp. 142.000.000-+. Ungkap Anwar.

Sementara untuk pembangunan lima (5) Embung yang terbagi di 5 lokasi yaitu, Kolo, Mata Kando, Oi Fo.o, Lampe dan Nitu, masing masing perembungnya menelan dana hampir Rp. 60 juta, Akunnya.

Anwar juga menegaskan untuk pembangunan Embung dan Cek dam ini bukan swakelola tapi di pihak ketigakan dan semuanya sudah selesai dikerjakan, tinggal sekarang kegiatan penanaman saja yang belum dilakukan, rencananya dalam bulan ini akan segera diselesaikan. (AzQ)