Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style5



BONGKAR.INFO, Kota Bima- Menteri Sosial Republik Indonesia, Khofifah Indar Parawansa, meninjau penanganan banjir di Kota Bima.

Mensos hadir di Kota Bima Senin pagi, (26/12), dan didampingi oleh Gubernur NTB TGH Zainul Majdi, MA.

Kedatangan Mensos disambut oleh Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE, Bupati Bima Hj. Indah Damayanti Putri, Bupati Dompu Drs. H. Bambang M. Yasin, Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaifudin, ST, di ruang VIP Bandar Udara Sultan Salahudin Bima. Mensos dan Gubernur kemudian menuju Kota Bima dan meninjau stok beras di gudang BULOG di Kelurahan Jatiwangi.

Mensos kemudian kembali melanjutkan perjalanannya ke kantor Walikota untuk memberikan arahan.

Dihalaman Kantor Walikota Bima, Walikota H. M Qurais H. Abidin beserta sejumlah Pejabat Pemkot lainnya dan Danrem 162 Wira Bhakti Kolonel Infanteri Farid Makruf menyambut hangat kedatangan Mentri tersebut.

Beberapa penyampaian dari Mensos yang antara lain, Ucapan terima kasih kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah lainnya atas solidaritas dan dukungan yang diberikan bagi masyarakat Kota Bima yang terdampak banjir.

Menurut Mensos, Pemerintah Daerah diminta untuk memberikan ruang bagi tim relawan untuk berkoordinasi agar penanganan banjir bisa lebih terarah dan efektif. Ungkapnya.

Pada Kementerian Sosial juga terdapat 8 klaster, setidaknya ada 2 klaster yang berkaitan dengan penanggulangan bencana yaitu Klaster Pengungsian dan Perlindungan serta Klaster Psikososial Penanggulangan Bencana.
Klaster Pengungsian dan Perlindungan berkaitan dengan penyediaan tempat pengungsian dan logistik untuk pengungsi, sementara Klaster Psikososial Penanggulangan Bencana berkaitan dengan penanganan trauma pasca bencana untuk membangun semangat dan motivasi. Terangnya.

Salah satu aksi prioritas adalah pembersihan, dengan tujuan mengurangi trauma masyarakat dan mencegah berkembangnya penyakit. Mensos sudah menyampaikan kepada Kementerian PU agar bisa membantu penyediaan 1 unit excavator untuk memudahkan proses pembersihan sampah bekas banjir. Selain excavator, komponen yang sedang diupayakan adalah air bersih untuk keperluan sehari-hari serta truk pengangkut sampah. Ungkapnya.

Berdasarkan hasil tinjauan, stok beras di gudang BULOG di Kelurahan Jatiwangi 70% sudah tidak bisa dipakai. Prosedurnya adalah meminta bantuan stok dari Provinsi dan gudang BULOG di daerah sekitar, misalnya Dompu. Jika stok daerah sudah tidak cukup, maka stok Kementerian Sosial bisa dikeluarkan. Katanya.

Pemulihan (recovery) kehidupan sesudah bencana terdiri atas tiga tahapan yang saling terkait. Ketiga tahap dimaksud bersifat berjenjang berdasarkan skala prioritas, selaras dengan keadaan umum yang senantiasa tercipta akibat bencana. Pertama, tahap tanggap-darurat atau penyelamatan (salvation); kedua, tahap perbaikan (rehabilitation); ketiga, tahap pembangunan-kembali (reconstruction).
Tahap tanggap darurat bencana banjir Kota Bima adalah hingga tanggal 5 Januari 2017. Setelah itu akan dilakukan assesment atau penilaian untuk perencanaan dan persiapan pelaksanaan tahap perbaikan dan pembangunan-kembali.

Mensos juga secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur NTB dan Danrem 162 Wira Bhakti karena telah terlibat dalam penanganan bencana sejak hari pertama.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Sumbawa Barat menyerahkan bantuan uang senilai Rp. 500.000.000,- dari Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat untuk membantu masa tanggap darurat banjir Kota Bima yang diterima oleh Walikota dengan ucapan terima kasih.

Mensos bersama Gubernur kemudian melanjutkan peninjauan ke dapur umum lapangan yang berada di belakang kantor Walikota serta posko pengungsian di Masjid Baitul Hamid Kelurahan Penaraga. (AzQ)

About Redaksi Bongkar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top