Wakil Walikota Buka MTQ Tingkat Kecamatan Rasanae Timur

iklan 970x250 px

Wakil Walikota Buka MTQ Tingkat Kecamatan Rasanae Timur

20 Mei 2017


BONGKAR.INFO, Kota Bima- Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Rasanae Timur dibuka secara resmi oleh Wakil Walikota Bima H. A. Rahman H. Abidin, SE, pada jum,at malam (19/5), di arena MTQ yang berlokasi di Kelurahan Dodu.

Hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bima, Asisten II Setda Kota Bima, Ketua GOW Kota Bima, Kepala Dinas Sosial Kota Bima, Kepala BPBD Kota Bima dan Kabag Kesra Setda Kota Bima.

Menurut laporan panitia yang disampaikan oleh Juraidin, S.Sos, pelaksanaan MTQ adalah sebagai sarana yang efektif untuk mewujudkan upaya kita mengamalkan Al Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. Juga menunjang program Membumikan Al-Quran, Maghrib Mengaji dan Bima berzakat.

Cabang yang dilombakan meliputi: (1) Tartil Al-Qur’an yang diikuti oleh 8 orang qori dan 8 orang qoriah; (2) Tilawah Qur’an yang terdiri atas 3 golongan yaitu (a) golongan anak-anak diikuti 8 orang qori dan 8 orang qoriah, (b) golongan remaja diikuti 8 orang qori dan 8 orang qoriah, (c) golongan dewasa diikuti 8 orang qori dan 8 orang qoriah; serta (3) Tahfiz yang terdiri atas 2 golongan yaitu (a) golongan 1 juz diikuti 8 orang hafidz dan 8 orang hafidzah serta (b) golongan 5 juz diikuti 8 orang hafidz dan 8 orang hafidzah.

Jumlah total peserta sebanyak 110 orang, ditambah peserta lomba kasidah rebana sebanyak 6 grup yang merupakan perwakilan 6 kelurahan di wilayah Rasanae Timur.

Selain dari dana APBD II Kota Bima lewat DPA Kantor Kecamatan Rasanae Timur Tahun 2017, biaya pelaksanaan MTQ juga berasal dari dana swadaya masyarakat.

Wakil Walikota menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada panitia yang telah bekerja keras untuk terselenggaranya MTQ Kecamatan Rasanae Timur tahun 2017. Penghargaan yang tulus juga disampaikan atas partisipasi masyarakat dalam memeriahkan kegiatan ini, juga membantu panitia dalam menyediakan berbagai perlengkapan termasuk menata panggung dan arena MTQ sehingga bisa terwujud arena MTQ yang indah.

“Semangat gotong royong dan kebersamaan ini harus dijaga, sebagai fondasi untuk membangun daerah. Apalagi untuk menata kembali daerah kita pascabanjir bandang”, kata Wakil Walikota.

Wakil Walikota menyampaikan, setiap bencana ada hikmahnya. Salah satunya, ada perhatian dari pemerintah pusat untuk normalisasi sungai Sori Melayu dan Sori Padolo melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Lurah serta RT/RW yang telah membantu dan bekerja keras selama masa tanggap darurat, terutama dalam penyaluran Cash For Work. Dana Cash For Work ini bisa cair karena kerja kolektif Pemerintah Kota Bima yang mengkomunikasikannya dengan BNPB, karena dana ini berasal dari anggaran BNPB, bukan dari usaha orang per orang atau kelompok tertentu.

Menutup sambutannya, Wakil Walikota mengajak pihak kelurahan dibantu masyarakat untuk meningkatkan kontrol sosial, khususnya dalam penyalahgunaan dan peredaran narkoba dan miras. (AzQ)