PU PR Gelar Kegiatan Sosialisasi Penataan Ruang

iklan 970x250 px

PU PR Gelar Kegiatan Sosialisasi Penataan Ruang

6 September 2017


BONGKAR.INFO, Kota Bima- Rabu (6/9) PU PR Bidang Penataan Ruang menggelar Kegiatan sosialisasi kebijakan norma standar prosedur dan manual pemanfaatan ruang di kantor Camat Rasanae Barat. Kegiatan tersebut dikuti oleh Staf Ahli Pemerintah Kota, Camat Rasanae Barat, Sekertaris Pol PP, BAPPEDA, LSM, BKM dan Tokoh tokoh masyarakat.

Dalam sambutan Wakil Walikota yang disampaikan oleh Staf ahli  Pemerintah Kota Bima, Drs. M.Saleh Yasin mengatakan, pasca banjir, Penertiban atau pengendalian Pemanfaatan ruang Kota Bima menjadi isu hangat dan mendesak untuk dilakukan pemanfaatan ruang yang tidak sesuai daya dukung lahan menjadi salah satu penyebab banjir.
Dalam kaitan antara banjir bandang dengan pola pemanfaatan ruang, ada beberapa kondisi yang kita hadapi antaralain. Pemukiman warga yang mengambil tempat bantaran sungai.

Selanjutnya kawasan hutan kemasyarakatan yang seharusnya berfungsi menjadi daerah resapan air namun pada kenyataannya dijadikan areal terbangun, sehingga aliran air mengalami penyempitan maupun pendangkalan, serta drainase wilayah pemukiman yang tidak bersih.

Semua ini menjadi kombinasi fatal ketika dihadapkan dengan curah hujan ekstrim seperti kondisi pada waktu banjir bandang bulan desember 2016 lalu.

Yang bisa kita lakukan sekarang adalah mengambil pelajaran dari kejadian tersebut.

Salah satu bagian dari program rehabilitasi dan rekonstruksi pasca banjir lanjut M. Saleh Yasin membacakan sambutan Wakil Walikota, adalah penertiban pemanfaatan ruang.

Diakhir sambutannya Wakil Walikota menyampaikan apresiasinya pada Dinas PU PR Kota Bima yang telah menggelar sosialisasi kebijakan dan manual pemanfaatan ruang di Kota Bima hari ini, yang bertujuan untuk mewujudkan perkotaan Rasanae Barat sebagai pusat perdagangan dan jasa skala regional yang didukung simpul transportasi dan pariwisata. (AzQ).