Ini Info Tahapan Program dan Jadwal Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota

iklan 970x250 px

Ini Info Tahapan Program dan Jadwal Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota

18 Oktober 2017


BONGKAR.INFO, Kota Bima- Pada rabu (18/10), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bima resmi meluncurkan tahapan program dan jadwal pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bima tahun 2017. Peluncuran tahapan Pilkada yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Bima resmi dibuka langsung oleh Komisioner KPU RI terpilih Ilham Saputra, SIP dengan didampingi oleh Plt Sekretaris Daerah Kota Bima Dr. Ir H Syamsuddin, MS, Ketua KPUD Provinsi NTB Lalu Aksar Ansori dan FKPD Kota Bima.

Peluncuran tahapan program dan jadwal pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018 ditandai dengan pemukulan gong dan peresmian maskot dan jingle pemilu Kota Bima.

Kegiatan yang juga disponsori oleh Bank NTB, Bank BRI dan BNI ini dihadiri oleh para Pimpinan Parpol, pimpinan BUMN/BUMD, anggota Panwaslu Kota Bima, Kepala OPD lingkup pemerintah Kota Bima dari berbagai tingkatan dan tokoh agama/tokoh masyarakat Kota Bima serta perwakilan pelajar yang merupakan calon pemilih pemula, yang akan memasuki usia 17 tahun.

Adapun tahapan utama pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 adalah sebagai berikut:
1. 12 Oktober s.d 11 November 2017 ---- Pembentukan PPK/PPS;
2. 30 Desember s.d 19 april 2018 ---- Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih;
3. 25 November s.d 29 November 2017 ---- Penyerahan Syarat Dukungan Calon Perseorangan;
4. 25 November s.d 31 Desember 2017 ---- Penelitian Syarat Dukungan Calon Perseorangan;
5. 08 Januari 2018 s.d 10 Januari 2018 ---- Pendaftaran Pasangan Calon;
6. 08 Januari 2018 s.d 09 Februari 2018 ---- Penelitian Syarat Pencalonan dan Syarat Calon;
7. 12 Februari 2018 ---- Penetapan Pasangan Calon;
8. 13 Februari 2018 ---- Pengundian Nomor Urut Pasangan Calon;
9. 15 Februari 2018 s.d 23 Juni 2018 ---- Kampanye;
10. 24 Juni s.d 26 Juni 2018 ---- Masa Tenang;
11. 27 Juni 2018 ---- Pemungutan suara dan Penghitungan
12. 28 Juni s.d 06 Juli 2018 ---- Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara

Ketua KPUD Kota Bima Bukhari, S.Sos secara khusus menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Bima atas dana yang telah disediakan oleh pemerintah Kota Bima untuk suksesnya penyelenggaraan Pemilukada serentak pada 2018 mendatang. Total anggaran penyelenggaraan pemilihan Walikota dan wakil walikota tahun 2018 sebesar 14,7 Milyar. Diharapkannya juga bantuan dari stakeholders yang ada  untuk  membantu mensukseskan penyelenggaraan pemilu.

Sementara itu, Ketua KPUD Provinsi NTB berpesan agar KPU senantiasa menjaga integritasnya sebagai penyelenggara pilkada. “Kalau kita bersama-sama bekerja profesional, maka proses pemilihan akan aman. Saya juga menghimbau agar kita menjaga netralitas,” jelasnya.

Dalam sambutannya Plt Sekretaris Daerah Kota Bima menjelaskan semangat partisipasi masyarakat harus diimbangi dengan pendidikan politik yang baik, agar masyarakat juga bisa bersikap dewasa dalam berekspresi politik, oleh karenanya secara khusus diharapkannya kepada KPU sebagai lembaga utama penyelenggara pemilu diharapkan bisa terus menyampaikan update informasi, khususnya pemilukada serentak yang akan dilaksanakan tahun depan. Dipujinya pula kehadiran Rumah Pintar “lawata” yang didirikan oleh KPU Kota Bima yang diresmikan pada bulan April lalu, bisa dimanfaatkan dengan baik untuk pendidikan politik masyarakat.

“Saya harap ada kerjasama dan keterlibatan semua elemen, baik lembaga pendidikan, komunitas, serta tokoh masyarakat, agar mengkampanyekan pentingnya pemilihan umum, khususnya pada kalangan pemilih pemula”, ujar Plt Sekda.

Sebelum meluncurkan tahapan pemilihan walikota dan wakil walikota Tahun 2018 Komisioner KPU RI menyampaikan kembali mengeingatkan kepada para anggota KPU mengenai tagline 'KPU melayani' sebagai bentuk komitmen penyelenggara pemilihan yang mengedepankan kepentingan masyarakat.

"Kalau penyelenggara pemilunya baik, proses pemilunya dijalankan dengan baik, insya Allah orang-orangnya yang akan dihasilkan baik juga", kata Ilham.

Diakhir acara dilakukan penyerahan hadiah pemenang sayembara Cipta Maskot dan Cipta Jingle Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bima Tahun 2018. Sayembara cipta Jingle berhasil dijuarai oleh Rommy F Fikriansyah dengan Judul jingle “Aina Nefa Mena”, sedangkan untuk sayembara cipta maskot dimenangkan oleh Kamaludin dengan nama maskot “La Bura”. (AzQ)