Slider[Style1]

Style2

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style4

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style3[OneLeft]

Style3[OneRight]

Style5



BONGKAR.INFO, Kabupaten Bima- Embung Roka di Desa Roka Kecaman Belo, di samping memiliki peran penting sebagai sumber irigasi sektor pertanian di wilayah Kabupaten Bima juga berfungsi sebagai penyedia sumber protein ikan bagi masyarakat desa Roka dan sekitarnya.

Untuk menjamin keberlanjutan Embung Roka sebagai salah satu penyedia komoditas ikan air tawar, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, didampingi Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima  Ir. Hj.Nurma dan Kades Roka Kamis (18/1) melakukan penebaran (restocking) tiga ribuan benih ikan nila ke habitatnya di area embung Roka tersebut.

Bupati mengungkapkan, penebaran benih nila ditujukan agar populasi ikan air tawar di embung tersebut mengalami  peningkatan. Sehingga dalam beberapa bulan ke depan dapat berkembang biak dan dimanfaatkan oleh warga setempat untuk meningkatkan pendapatan melalui penangkapan ikan.

“Mengingat fungsi dasar Embung Roka disamping sebagai  sumber irigasi, namun juga sebagai objek wisata bagi masyarakat, semua pihak diharapkan dapat terus menjaga dan memelihara kawasan hutan yang berada di wilayah hulu embung tersebut”. Kata Bupati.

Sebelumnya Kadis Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima Ir. Hj. Nurma M.Si menjelaskan, upaya yang dilakukan oleh instansi yang dipimpinnya adalah untuk meningkatkan stock dan produksi ikan di perairan umum.

Disamping  itu, “yang lebih penting kata Nurma, restocking ditujukan untuk peningkatan kebutuhan protein ikan bagi masyarakat setempat, mengingat Desa Roka tergolong wilayah yang relatif jauh dari pesisir. Sehingga Dinas Kelautan dan Perikanan memanfaatkan dana APBD untuk merealisasikan kegiatan penebaraan benih nila ini”. Jelasnya. (AnZ/Hum)

About Redaksi Bongkar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Post a Comment


Top