Bappeda Litbang Lakukan Pemantapan Evaluasi Implementasi SAKIP 2018

iklan 970x250 px

Bappeda Litbang Lakukan Pemantapan Evaluasi Implementasi SAKIP 2018

21 Juni 2019

Kota Bima, BONGKAR,- Dalam rangka persiapan evaluasi implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2018, Bappeda Litbang Kota Bima menggelar pertemuan pemantapan dengan mengundang 7 Perangkat Daerah bidang pelayanan, antara lain Dinas Sosial, Dinas Dikbud, dan Dinas Kesehatan.

Pertemuan digelar pada Jumat sore, 21 Juni 2019, di ruang rapat Bappeda Litbang Kota Bima, dipimpin oleh Kepala Bappeda Litbang Kota Bima Drs. H. Fakhrunraji, ME.
Hadir antara lain Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Dikbud, Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Bima, seluruh Kabid pada Bappeda Litbang serta perwakilan beberapa perangkat daerah.

Evaluasi implementasi SAKIP dilaksanakan oleh Kementerian PAN RB dengan tujuan mendorong instansi pemerintah di pusat dan daerah untuk secara konsisten meningkatkan implementasi SAKIP-nya dan mewujudkan capaian kinerja (hasil) instansinya sesuai yang diamanahkan dalam RPJMN/RPJMD.

Salah satu tahapan penilaian adalah melalui pemaparan tim yang mewakili pemerintah daerah dihadapan tim penilai dari Kementerian PAN RB yang diagendakan pada minggu keempat bulan Juni 2019.

Sebagai upaya pemantapan, Bappeda Litbang mengajak perangkat daerah bidang pelayanan untuk membahas materi paparan bersama Inspektorat dan Bagian Organisasi Setda Kota Bima.

Kepala Bappeda Litbang Kota Bima mengingatkan, poin-poin yang dievaluasi mencakup:

(1) Penilaian terhadap perencanaan strategis, termasuk di dalamnya perjanjian kinerja, dan sistem pengukuran kinerja;

(2) Penilaian terhadap penyajian dan pengungkapan informasi kinerja;

(3)Evaluasi terhadap program dan kegiatan; dan

(4) Evaluasi terhadap kebijakan instansi/unit kerja yang bersangkutan.

"Yang diharapkan pada saat penilaian nanti, Pimpinan Perangkat Daerah-lah yang menyampaikan paparan", kata Kepala Bappeda Litbang. (Hum/AR)