Wakil Walikota Hadiri Penutupan Masa Sidang II Tahun Dinas 2019

iklan 970x250 px

Wakil Walikota Hadiri Penutupan Masa Sidang II Tahun Dinas 2019

10 September 2019

Kota Bima, BONGKAR,- Bertempat di Ruang Sidang DPRD Kota Bima, pada Selasa 10 September 2019 digelar Rapat Paripurna DPRD Kota Bima Ke-22 dengan agenda (1) Penyampaian laporan badan anggaran DPRD Kota Bima terhadap Raperda tentang Perubahan APBD Kota Bima TA.2019; (2) Pengambilan keputusan DPRD Kota Bima; (3) Penyampaian pendapat akhir Walikota Bima terhadap Raperda tentang Perubahan APBD Kota Bima TA 2019; dan (4) Penutupan masa sidang II Tahun Dinas 2019.

Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kota Bima Syamsurih SH, Hadir Wakil Walikota Bima Ferri Sofiyan SH, Sekretaris Daerah Kota Bima Drs.Mukhtar MH, Anggota DPRD Kota Bima dari berbagai fraksi, Asisten, Staf Ahli dan Kepala Perangkat Daerah.

Dalam Pandangan Akhir Walikota Bima terhadap Rancangan Peraturan Daerah Kota Bima tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019 yang disampaikan Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan SH bahwa aspek kebijakan yang tertuang dalam rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019 tetap mengacu pada nota kesepakatan mengenai kebijakan umum Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019 dan Nota Kesepakatan Prioritas Plafon anggaran sementara perubahan APBD Tahun Anggaran 2019.

Kebijakan, strategis, program serta kegiatan dalam perubahan APBD Tahun Anggaran 2019 konsisten ditujukan pada proses penanganan masalah pembangunan yang dipandang stragtegis dan prioritas bagi pembangunan daerah, pelayanan publik serta melaksanakan amanat Peraturan Perundang-Undangan.

Hasil pembahasan ini diharapkan menjadi dasar dalam penyempurnaan draft perubahan APBD dan telah dituangkan dalam persetujuan bersama pimpinan DPRD dan Walikota atas Rancangan Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019.

Selanjutnya sesuai dengan mekanisme dalam amanat Peraturan Perundang-Undangan bahwa rancangan Perda tentang Perubahan APBD TA.2019 akan disampaikan ke Gubernur Provinsi NTB untuk dievaluasi.

Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan SH menyampaikan penghargaan  dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Bima khususnya Badan Anggaran DPRD Kota Bima dalam proses pembahasan rancangan Perda Kota Bima tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2019 sehingga menghasilkan komitmen berupa persetujuan bersama untuk menetapkan perubahan APBD Tahun Anggaran 2019.

"Penutupan masa sidang II Tahun Dinas 2019 DPRD Kota Bima yang dilaksanakan ini merupakan pertanda berakhirnya masa sidang yang membahas berbagai agenda penting", ujar Wakil Walikota.

Apalagi semester kedua tahun 2019 dihadapkan pada banyak tantangan seperti kebijakan pengurangan anggaran dari pemerintah pusat terkait penurunan pendapatan atau penerimaan negara. Hal tersebut menuntut kita untuk melakukan beberapa penyesuaian dalam penyusunan APBD Perubahan Tahun Anggaran 2019.

“Saya sangat memahami kerja keras yang dicurahkan oleh tim anggaran pemerintah daerah dan Badan Anggaran DPRD Kota Bima untuk menuntaskan urusan tersebut,apalagi mengingat desakan waktu dimana kita akan memasuki Triwulan terakhir Tahun 2019," jelas Wakil Walikota.

Diakhir sambutannya Wakil Walikota menyampaikan tuntutan masyarakat Kota Bima menjadikan tantangan untuk lebih giat, bergerak lebih cepat dan berupaya lebih keras untuk mewujudkan berbagai harapan yang dibebankan dipundak kita sebagai orang-orang yang diberi amanah untuk menentukan wajah Kota Bima. (Hum/BO)