Geliat Damkar Kota Bima Ditengah Kerja Pokoknya

iklan 970x250 px

Geliat Damkar Kota Bima Ditengah Kerja Pokoknya

19 Desember 2019

Kota Bima, BONGKAR,- Biasanya kita jumpai petugas dan mobil pemadam kebakaran hanya menangani masalah kebakaran. Ketika ada kebakaran mereka langsung terjun ke lokasi untuk memadamkan api.

Namun ada yang beda dengan petugas pemadam kebakaran di Kota Bima. Petugas pemadam kebakaran (Damkar) bekerja bukan hanya menangani kebakaran saja, tetapi banyak hal lain diluar tupoksi yang dikerjakan.

Dibawah komando Kabid Damkar dan Linmas Kota Bima, Sugiarto, pantauan media ini, petugas Damkar sangat giat sekali bekerja. Warga yang kesulitan air bersih, dengan memanfaatkan mobil pemadam kebakaran mereka menyalurkan air bersih.

Masyarakat sangat terbantu dengan aksi petugas pemadam kebakaran ini. Begitu pun masjid dan mushola yang kesulitan air, selalu didroping oleh petugas yang kerja ikhlas ini. Hal ini sudah berlangsung beberapa bulan terakhir ini.

Selain menyalurkan air bersih bagi warga yang kesulitan air bersih, petugas Damkar juga peduli dengan tanaman. Setiap sore bahkan malam hari, terpantau petugas Damkar intens menyiram tanaman bunga di taman Amahami yang gersang.

Berkat kegigihan petugas Damkar, bunga-bunga dan rumput terlihat sudah mulai tumbuh dan hijau. Pada musim hujan yang tak menentu ini pun, mereka tetap menyiram taman ketika hujan tak turun.

Sebagai bentuk kepedulian juga terhadap lingkungan, Bidang Damkar juga melakukan aksi tanam pohon. Dibeberapa titik tama Amahami sudah beberap pohon yang ditanam petugas Damkar.

Masih dalam pantauan media ini, disaat hujan turun, aksi penyiraman taman tidak ada. Namun petugas Damkar tidak duduk manis. Mereka menangani ranting-ranting pohon yang mejalar di jaringan listrik akibat angin kencang.

Genangan air akibat saluran tersumbat pun ditangani oleh petugas Damkar. Beberapa ruas jalan di Kota Bima salah satunya di belakang kantor Walikota Bima sering digenani air. Namun semua tuntas setelah ditangani petugas Damkar.

Sugiarto, Kabid Damkar yang diwawancara tak mau komentar banyak. Soal apa yang dikerjakan merupakan bentuk pengabdian terhadap masyarakat.

"Kami ikhlas bekerja. Soal apa yang sudah kami lakukan biar masyarakat yang menilai," ungkapnya, Rabu (18/12).