Warga Tanam Pohon Pisang Ditengah Jalan, Pemkot Langsung Merespon

iklan 970x250 px

Warga Tanam Pohon Pisang Ditengah Jalan, Pemkot Langsung Merespon

17 Desember 2019

Kota Bima, BONGKAR,- Jika anda lewat jalan gajah Mada tepatnya di sebelah timur kantor Kelurahan Penaraga anda akan melihat pemandangan yang mencengangkan. di tengah badan jalan oleh warga setempat di tanami pohon pisang.

Aksi protes yang dilakukan oleh masyarakat tersebut sebagai bentuk rasa kekecewaan mereka terhadap pemerintah daerah yang dinilai kurang perhatian terhadap warga setempat.

Jalan Gajah Mada adalah tanggung jawab pihak Pemerintah Provinsi NTB. jika hujan mengguyur sudah pasti meluap masuk ke pekarangan rumah warga setempat.

Menurut H Qurban yang juga warga RT 12 RW 04 Kelurahan Penaraga yang merasakan langsung akibat dari luapan air dari aliran irigasi persawahan mengatakan jika air disaluran meluap sudah pasti masuk ke pekarangan warga.

"Air disaluran irigasi meluap hingga merembet masuk ke rumah warga hingga meninggi sampai keteras rumah," ungakap H Qurban.

Tidak itu saja kata keduanya, penyebab meluapnya air disaluran karena adanya pipa PDAM pada gorong gorong yang melintasi saluran irigasi.

"Ini pipa yang menghalangi air disaluran irigasi. Air tidak lancar karena ada pipa PDAM yang membatasi gorong-gorong, sehingga material yang dibawa oleh arus menumpuk dan pada akhirnya Lumbang gorong gorong tersumbat" ujarnya.

Nyaris setiap hujan di areal ini selalu dibanjiri oleh air yang bersumber dari DAM Satampa cerita keduanya, alur jalan ini digenangi air. Akibatnya masuk kerumah warga.

Kepada Pemerintah Kota Bima warga meminta agar memerhatikan kondisi dijalur jalan Gajah Mada tersebut. Sebab jika tidak segera diatur kembali saluran irigasi yang tersumbat itu, maka air pasti meluap ke jalan raya dan masuk ke rumah warga.

"Pemerintah Kota segera turun tangan, jangan biarkan air terus meluap masuk hingga kerumah warga, "harap H Arifin.

Sementara itu Pemerintah Kota Bima Menanggapi keluhan warga masyarakat yang berada di jalan Gadjah Mada Samping Dealer Yamaha, secara langsung Walikota Bima H Muhammad Lutfi SE mengarahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Bima untuk turun dan menangani langsung dan memperbaiki permasalahan tersebut. Di  lokasi tersebut terjadi pendangkalan Drainase yang menyebabkan tidak lancarnya saluran air hingga meluber hingga ke badan jalan,

Dinas PUPR Kota Bima dibantu oleh Dinas Sat Pol PP dan Damkar Kota Bima siang ini langsung turun dan melakukan pembersihan disepanjang bahu jalan dengan dibantu alat berat. (AzQ)