Tertipkan Ternak Liar, Sat Pol PP Tegakan Perda No 9

iklan 970x250 px

Tertipkan Ternak Liar, Sat Pol PP Tegakan Perda No 9

10 Januari 2020
Kasubag Trantibum Sat Pol PP Kota Bima

Kota Bima BONGKAR
,- Beberapa pekan terakhir ini entah sudah berapa banyak ternak liar yang berhasil diamankan oleh Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bima. Dari hasil pantauan media ini setiap harinya minimal ada tiga hingga lima ekor kambing yang berhasil terjaring rajia ternak oleh pihak Sat Pol PP Kota Bima.

Untuk menegakkan Perda tentang ternak liar ini Pemerintah Kota Bima pun mewajibkan para pemilik ternak liar untuk membayar denda sesuai peraturan yang berlaku, yakni dengan membayar denda sebesar Rp. 200.000 per satu ekor kambingnya.

Disisi lain menurut Fety warga Kampung Na.e yang dikonfirmasi oleh media ini pada Jumat (10/01) dilokasi penampungan sementara ternak liar tepatnya dibelakang Kantor Damkar mengatakan jika
mereka tidak tau menau terkait denda yang harus mereka bayarkan untuk satu ekor ternak nya yang jelas mereka akan tetap membayarnya.

Ibu tau berapa banyak denda yang harus ibu bayar persatu ekor kambingnya. " Saya tidak tau Mas, yang jelas kami akan bayar", ujar Fety.

Sementara Abdurrahman, Kasubag Trantibum Sat Pol PP Kota Bima yang ditemui oleh wartawan di kantornya mengatakan jika yang menangani ternak liar tersebut adalah Dinas Pertanian dan Peternakan, cuman saja karena kandang di Dinas terkait rusak diterjang banjir tahun 2016 lalu, akhirnya sementara ditangani oleh pihak Sat Pol PP untuk mengamankan ternak liar tersebut.

Terkait Perda yang mengatur denda ternak liar Abdurahman mengatakan, Perda no 9 tahun 2014.

"Untuk Perda no 9 tahun 2014 terkait ternak liar yang dendanya sudah diatur sebanyak Rp. 200.000 per ekor kambing", ujarnya.

Cuman saja lanjut Abdurahman, selama ini kami tidak terlalu memaksa harus Rp. 200.000 per ekornya, karena kamipun menyusuaikan dengan kemampuan mereka.

Sementara Kasat Pol PP Kota Bima, M. Nor Majid yang dihubungi oleh wartawan tidak bisa menanggapi secara serius hal ini.

"Jangan dulu tanya itu. Saya sedang sibuk ngurus pernikahan saat ini," jawabnya singkat saja saat dikonfirmasi wartawan via ponselnya. (RED)