Warga Ambalawi Blokir Jalan, Tuntut Perbaikan Dam Tolo Mango

iklan 970x250 px

Warga Ambalawi Blokir Jalan, Tuntut Perbaikan Dam Tolo Mango

14 September 2020
Warga Ambalawi Blokir Jalan

Kabupaten Bima, BONGKAR,- Ratusan Petani di Desa Tolowata, Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima pada Senin (14/9) melakukan aksi blokir jalan lintas wera. Aksi tersebut dilatarbelakangi karena warga  kecewa terhadap Bupati Bima Hj Indah Dhamayanti Putri yang dinilai tidak mampu  merealisasikan pembangunan Dam Tolo Mango.

Dalam orasinya, Putra yang juga warga asli Tolo Wata Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima mengatakan, jika permasalahan yang dikeluhkan oleh Petani selama ini, sebelumnya sudah dibicarakan langsung dengan Bupati Bima, dan bahkan kata dia,  dari pertemuan dengan Bupati Bima pada Minggu 13 September 2020 malam itu, Bupati sudah berjanji akan memperioritaskan DAM tersebut. 

"Sudah sering kami mendesak agar segera diperbaiki. Bahkan Pemdes beserta tokoh Masyarakat juga sudah menghadap Bupati, namun belum ada kepastian kapan Dam itu dikerjakan. Bupati hanya berjanji akan memprioritaskan Dam Tersebut," jelanya.

Kata Putra, tidak adanya anggaran untuk memperbaiki Dam, Petani hanya mengadalkan sumbangan dari sesama petani untuk memperkai Bangunan Dam yang rusak saat ini. 

"Anggaran digunakan sekarang, Petani hanya hanya patungan untuk memperbaiki Dam itu," katanya. 

Diakuinya,  Ketika bangunan Dam tersebut diperbaiki, tidak menutup kemungkinan persawahan Warga di Desa setempat sejahtera dengan melimpahnya air disetiap sawah Masyarakat. 

"Jika Dam itu difungsikan, air  dapat mengairi puluhan kektar tanah di So Tolo Mango Desa Tolo Wara dan So Lima di Desa Rite,"akunnya. 

Ia menegaskan,  jika tuntutan petani ini tidak direalisasikan dengan cepat,  maka warga tetap melakukan pemblokiran jalan hingga hingga ada jawaban yang jelas dari Pemda. 

"Bila tidak keputusan yang
final, maka warga sudah sepakat tidak akan mebuka blokir jalan ini," tegasnya. (RED)