Crizna : Alat Di BPBD Dapat Mendeteksi Dini Bahaya Banjir

iklan 970x250 px

Crizna : Alat Di BPBD Dapat Mendeteksi Dini Bahaya Banjir

12 Januari 2021
Najamudin Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima

Kota Bima, BONGKAR,- Dalam penanganan bencana banjir BPBD Kota Bima memiliki Tim Reaksi Cepat (TRC), yakni Dinas Damkar, DLH, Dinas Pertanian, Dikes, Dinsos dan Perkim. Dinas dinas inilah yang akan membantu Dinas BPBD dalam menangani tanggap darurat bencana banjir di Kota Bima.

Menurut Kabid Kedaruratan dan Logistik Najamudin alias Crizna, yang ditemui diruang kerjanya Selasa (12/1) mengatakan, tidak saja TRC yang akan membantu penanganan bencana di BPBD Kota Bima ini, namun ada beberapa relawan yang juga aktif membantu BPBD Kota Bima dalam penanganan bahaya bencana banjir, yang diataranya ada TSBK dan FTSB.

Di BPBD sendiri kata Crizna ada alat pemantau cuaca, suhu dan radar yang akan mengontrol lebih awal kondisi bencana di Kota Bima ini. Dan hal ini sangat membantu kerja BPBD dalam mendeteksi dini bahaya bencana banjir.

Crizna pun mengungkapkan jika dibidang Kedaruratan dan Logistik terdapat sembako yang siap mereka salurkan kala bencana banjir melanda. Dan hingga kini stok sembako tersebut masih ada. 

"Sebenarnya hal yang lebih penting itu pencegahan mas, yang artinya kita harus dapat mendeteksi dini bahaya banjir tersebut. di BPBD sendiri ada alat yang bisa mendeteksi awal bahaya banjir tersebut, sehingga kamipun dapat memperkirakan apakah banjir tersebut akan meluap ke pemukiman warga atau tidak", ujarnyanya.

Seperti banjir kemarin lanjut mantan Kasubag Perjalanan Dinas Humas Pemkot Bima ini "saya dapat memperkirakan waktu perjalanan arus air dari hulu ke hilir sekian menitnya". (RED)